Connect
To Top

Ada Yang Asyik Nih di Museum Kartini

Hanivamagazine.com- Sudah masuk akhir pekan nih! Sudah punya rencana berlibur? Jika bosan dengan tempat wisata yang itu-itu saja, cobalah sesekali mendatangi tempat wisata edukasi seperi museum. Selain bisa refreshing bersama teman atau keluarga, Anda juga dapat menambah wawasan dan edukasi. Seperti tempat bersejarah yang satu ini, yakni Museum Kartini.
Kartini menghabiskan sisa hidupnya di Rembang. Kini, nuansa perjuangannya secara apik dipampang dan dipamerkan di Museum RA Kartini Rembang yang terletak di Jalan Gatot Subroto Nomor 8.

Staf Museum Kartini, Diah Ayu Febrianti mengatakan mulanya museum tersebut adalah rumah dinas Bupati Rembang. Di sana, Kartini menuliskan ide-idenya untuk memajukan kaum perempuan Indonesia.

Di tempat ini pula, katanya, Kartini melahirkan putra semata wayangnya Raden Mas Sulalit. Febrianti juga menjelaskan berbagai koleksi museum ini, mulai dari foto Kartini di bagian dalam pendopo, di depan ruangan museum Kartini.

Berbeda dengan museum lain pada umumnya, museum Kartini di Rembang memiliki kelebihan tersendiri, karena benda-benda bersejarah menceritakan dirinya sendiri bagaimana ketertarikannya dengan Kartini.

Karena bangunan yang didominasi warna hijau putih ini menyimpan koleksi barang pribadi milik Kartini, seperti tempat tidur, bathup pribadi, tempat jamu, meja makan, mesin jahit, lesung, cermin rias dan juga meja untuk merawat bayi.

Di sana juga terdapat ruang yang berisi berbagai karya dari pahlawan nasional itu, di antaranya adalah ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’, tulisan tangan surat-surat Kartini yang dikirimkan ke teman-temannya di luar negeri dan lukisan karyanya serta foto-foto dirinya beserta keluarga semasa hidup.

Di sebelah timur museum terdapat gedung sekolah wanita yang didirikan oleh Kartini untuk mengajar rakyat pribumi. Berkat kegigihannya, Kartini mampu mendirikan sekolah perempuan di beberapa daerah dengan nama Sekolah Kartini.

Febrianti menjelaskan jika mengunjungi Museum Kartini, pengunjung seakan datang ke rumah Kartini sendiri. Bedanya, hanya waktu dan tiadanya kehadiran sosok Kartini. Di Indonesia, ada dua museum RA Kartini, yaitu di Jepara dan di Rembang.
Reporter: Zacky

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in CULTURE

  • Ijin Mengemudi Bagi Pilot Perempuan Diterbitkan Arab Saudi

    hanivamagazine.com – Arab Saudi semakin serius mendiversifikasikan rencana ekonominya dengan menghapus sejumlah hambatan kerja, khususnya bagi perempuan. Setelah membolehkan perempuan mengemudikan...

    Hanivamagazine.comAugust 30, 2018
  • Emara Superhero Perempuan Berhijab Di Film Kartun Arab

    hanivamagazine.com – Film mini seri kartun perempuan Muslim superhero, Emara, yang tayang di YouTube semakin diminati penonton mesku penampilannya melawan genre, yakni berhijab....

    Hanivamagazine.comAugust 29, 2018
  • BMKG :Gempa 5,6 SR Guncang Yogyakarta

    hanivamagazine.com – Telah rerjadi gempa berkekuatan 5,8 pada skala Richter di Gunungkidul, Yogyakarta. Gempa ini terjadi pada Rabu dini hari, 29...

    Hanivamagazine.comAugust 29, 2018
  • Perempuan Arab Ini Terancam Hukuman Mati

    hanivamagazine.com – Amnesty International untuk Timur Tengah, Samah Hadid, mendesak Kerajaan Arab Saudi agar menghentikan hukuman mati terhadap Israa al-Ghomgham dan...

    Hanivamagazine.comAugust 24, 2018
  • Karna ‘Supreme’, Koran Ini Dihargai Jutaan Rupiah

    hanivamagazine.com- Siapa yang gak kenal brand bergengsi ‘Supreme’. Setiap produk yang terdapat logo persegi panjang merah itu pasti memiliki harga yang...

    Hanivamagazine.comAugust 20, 2018