Connect
To Top

Deden Siswanto Bawa Style Masyarakat Kehidupan Zaman Edo di Jepang Lewat ‘Kagirinaku’

hanivamagazine.com- Deden Siswanto selalu membuat takjub pecinta fashion dengan kreatifitasnya.Deden selalu menyuguhkan koleksi yang unik namun mudah diterima oleh masyarakat Indonesia.

Kali ini dalam Jakarta Fashion Week 2019, Deden mencoba membawa kimono khas Jepang menjadi item fashion yang modern. “Konsep design Kimono’s transformational and recontruction jadi pilihan saya untuk koleksi kali ini di JFW 2019,” ungkap Deden, Kamis (25/10) di Senayan City,Jakarta.

Deden menjelaskan bahwa koleksinya kali ini banyak diilhami dari kehidupan pedesaan Jepang. Salah satunya adalah kisah hidup keluarga Osin dan dari sebuah film ‘Memories of Geisha’.

“Mereka itu keluarga pekerja di pedesaan. Di salah satu musim, yaitu musim dingin, saya lihat mereka mengenakan kimono dan lapisan selimut yang membuat mereka tetap nyaman. Kesederhanaan mereka menjadi inspirasi terbesar saya di koleksi ‘Kagirinaku’ ini,” jelas Deden.

Ia juga menjelaskan bahwa antara Jepang dan Indonesia itu budayanya enggaj jauh berbeda. Maka dari itu, rasanya kimono ini bisa menjadi sesuatu yang memberi warna di masyarakat Indonesia. “Banyak tehnik tambal menambal yang dilakukan para petani di Jepang dan itu juga menjadi detail koleksi saya dan kesamaan budaya pun dirasa akan pas dengan koleksi ini,” tambahnya.


Koleksi Deden bermain dalam tehnik patchwork, pattern blocking, dan beberapa manipulated fabric yang memberi rasa berbeda dalam koleksi kimono pada umumnya. Material yang digunakan pun cukup lengkap. “Kita pakai tenun, katun, batik, dan material denim yang dipola sedemikian rupa hingga tercipta koleksi Kagirinaku ini,” katanya.

Deden mencoba memperkuat kesan urban modern dengan permainan warna yang apik. Secara garis besar Anda akan melihat warna biru denim, tapi di luar itu ada warna-warna lain seperti beige, purple, kuning, maroon, hijau, dan soft pink.

Reporter : Ranov

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in FASHION