Connect
To Top

DIAN PELANGI, PEREMPUAN INDONESIA HARUS KREATIF DAN KRITIS

Jakarta, hanivamagazine.com
Jika kita melihat pada zaman Raden Ajeng Kartini, ketika mendenger kata “perempuan” pasti yang akan muncul dalam benak kita ialah persoalan ketidakadilan gender, ketimpangan baik dalam sektor pendidikan, sosial-kultural, patriarkhi, misoginis dan sebagainya, maka perempuan zaman dahulu sering mendapat julukan secondary human after man yang memiliki arti ‘manusia yang menduduki posisi kedua setelah laki-laki’. Dan hal tersebutlah yang membuat sosok Kartini memperjuangkan agar kaum perempuan tidak terbelakang, sehingga seorang perempuan mendapatkan hal yang sama dengan pria. Bagi Dian Pelangi, Kartini masa kini merupakan sosok kartini yang dapat memberikan inspirasi bagi lingkungan sekitarnya, bertanggung jawab, berdikari tinggi untuk selalu berusaha mewujudkan persamaan hak perempuan baik di sektor publik maupun sektor domestik.

Dian Pelangi mengatakan sosok Kartini masa kini ialah perempuan-perempuan yang kreatif, kritis, dan berkarya. “Menurut aku, perempuan Indonesia tuh kreatif ya yang paling penting, karena banyak sekali karya-karya yang dihasilkan oleh perempuan-perempuan Indonesia. Disini menunjukkan memang tuh perempuan Indonesia tuh kritis, peduli dengan sekitarnya bener-bener meneladani apa yang dilakukan oleh Kartini, “kata Dian.

Perempuan yang namanya masuk dalam 500 perancang busana yang berpengaruh dalam membentuk industri mode global di seluruh dunia dalam BoF atau Business of Fashion ini juga mengatakan seperti hal dirinya, perempuan Indonesia harus dapat memanfaatkan moment sehingga dapat menciptakan ruang kreatif yang menghasilkan uang. “Kreatif ya, aku sendiri tuh soal perempuan tuh kaya bisa berpikir kreatif, trus kita harus bisa memanfaatkan moment yang ada dibuat menjadi sebuah karya,kalau aku kan passion-nya di bidang fashion . Jadi menurutku perempuan harus kreatif, kritis, dan lebih dan intinya bisa berkarya ya,” jelasnya.

Dian menggatakan sosok ibu Kartini sangat menginspirasi dan bener-bener menjadi teladan untuk perempuan Indonesia. Banyak yang harus di syukuri menjadi perempuan Indonesia karena menurutnya perempuan Indonesia jauh beruntung karena dapat berkarya dan menciptakan lahan perekonomian bagi Indonesia. “Allhamdulillah Indonesia memberikan kebebasan untuk perempuannya. Di luar Indonesia banyak perempuannya tidak dapat berkarya sebebas di Indonesia.jadi yang bener-bener aku syukuri ialah kebebasan dalam berkarya untuk para kaum perempuan.”(ranov)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in INSPIRING