Connect
To Top

Fotografer Ini Dapat Penghargaan Berkat Perempuan Kenakan Burqa

Hanivamagazine.com – Perempuan mengenakan burqa jarang ditemukan di negara minoritas penduduk Muslim seperti Australia. Namun, fotografer asal Australia, Fabian Muir mendapat penghargaan berkat serial fotonya bertemakan Blue Burqa.

Ada makna mendalam di balik serial foto wanita pakai burqa biru tersebut. Salah satunya mengenai Islamophobia. Fabian mengatakan inspirasi fotonya lahir dari politik yang terjadi saat ini. Banyak yang saling bermusuhan karena pengungsi di negaranya dan meningkatnya sentimen anti muslim.

“Pengungsi tidak harus dimusuhi dan mereka sebenarnya bisa melengkapi masyarakat Australia agar hidup lebih baik. Beberapa orang di bidang kreatif mungkin meninggalkan Australia begitu saja tapi saya mencoba mengingat dari mana asal saya karena ini negara yang unik dan merupakan bagian penting dari terbentuknya saya sekarang,” ujar Fabian kepada Daily Mail Australia.

Sebelum memutuskan kembali ke Australia, Muir lebih sering tinggal di Eropa. Kondisi politik Australia membuatnya ingin memberikan inspirasi melalui karya fotonya. Foto-foto serial yang diciptakannya hanya mengenakan satu model wanita mengenakan burqa warna biru di beragam lokasi. Mulai dari berpose lurus di supermarket Coles, hingga berada di Pantai Bondi, Australia. Ada pula foto di mana wanita pengguna burqa tersebut berjalan di atas padang pasir.

Muir berharap dengan karya fotonya orang-orang bisa berpikiran lebih terbuka. “Saya harap orang-orang akan berpikir lebih terbuka tentang burqa yang dianggap sebagai penindasan perempuan,” tukasnya.

Dirinya sempat kecewa dengan pemerintah Australia yang mendiskusikan tentang larangan penggunaan burqa di Australia. Menurutnya hal tersebut melanggar hak wanita Muslim dalam memilih pakaian. Muir juga berusaha memberikan pengertian tentang bagaimana cara wanita yang memakai burqa melihat orang lain. Ada potret yang diambil dari ‘kacamata’ pemakai burqa saat melihat wanita lain berbikini di pantai.

Reporter: utin

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in INSPIRING