Connect
To Top

HIJABERS, INI NIH 13 HAL YANG MEMBUAT CAKE BANTET

Jakarta, hanivamagazine.com – Pernah merasa bete nggak, gara-gara kue bikinan kamu bantet? Nih, simak 13 hal yang membuat kue bantet.

1. Telur yang digunakan dingin. Suhu dingin pada telur bisa mengakibatkan telur tidak mengembang terlebih dahulu. Karenanya selalu gunakan telur yang tidak dingin ketika ingin membuat kue. Jika sudah terlanjur dingin, diamkan dulu minimal 2 jam sebelum dipakai.
2. Ada noda minyak/ margarin/mentega di dalam mangkuk atau pengocok, atau dari tangan anda, sehingga adonan telur sulit naik.
3. Terlalu banyak baking powder, cake akan beremah terlalu banyak.
4. Adonan belum cukup stabil, pengocokan sudah dihentikan, sehingga adonan turun dengan segera, mengakibatkan kue bantat.
5. Mencampur terigu ke dalam adonan telur dengan adukan kuat, mengakibatkan udara dalam telur terbuang dan terigu membentuk gluten, kue menjadi liat/bantet.


6. Oven belum cukup panas ketika adonan masuk, akibatnya adonan terlanjur turun sebelum sempat mengembang.

7. Api terlalu besar atau terlalu kecil. Api terlalu besar akan menghanguskan bagian luar cake sementara tengahnya belum matang. Api terlalu kecil akan membuat adonan terlanjur turun sebelum sempat mengembang.
8. Panas oven tidak rata, akibatnya kue miring atau matang/hangus sebagian.
9. Terlalu lama memanggang, mengakibatkan kue menjadi kering, tidak moist lagi. Jika kue belum matang setelah waktu yang dianjurkan, tambah waktunya kurang lebih 5 menit. Selalu lakukan test, dan segera angkat kue setelah lidi yang digunakan untuk menusuk kue keluar dalam keadaan bersih.
10. Mencairkan mentega/margarin sampai mendidih sehingga daya emulsi mentega hilang dan kandungan airnya habis.Cake menjadi berminyak tapi tidak moist (lembab).
11. Mentega cair belum tercampur rata dengan adonan telur, masih ada yang tertinggal di dasar mangkuk. Mentega yang tidak tercampur ini akan membuat endapan keras di dasar kue.
12. Penambahan bahan cair lain, seperti susu, dalam keadaan dingin. Semua bahan sebaiknya berada pada suhu ruang.
13. Membuka oven saat pemanggangan berlangsung. Suhu oven akan turun dan jika struktur kue belum kokoh, maka kue akan kempis (turun). Jika ingin membuka pintu oven, lakukan paling cepat setelah ¾ waktu pemanggangan. (op)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in COOKING