Connect
To Top

Ini Ajakan Komunitas Jurnalis Berhijab

hanivamagazine.com- Saat ini anak millenial lebih menyukai pekerjaan yang tak hanya berkutit dibelakang meja. Bahkan anak jaman now menyukai pekerjaan yang berbau kreatif dan keren. Salah satunya profesi pekerjaan yang saat ini diminati adalah jurnalis. Anak jaman now merasa menjadi jurnalis atau reporter di depan kamera menjadi eksistensi yang tinggi untuk digeluti.

Untuk itu, Komunitas Jurnalis Berhijab (KJB) yang semuanya beranggotakan jurnalis dan berhijab ini mengadakan berbagi pengalaman jurnalistik kepada para anak muda yang minat dengan dunia jurnalis.

Sebagai komunitas yang memberi perhatian lebih kepada dunia jurnalistik dan public speaking, KJB  menggelar talkshow jurnalistik bertajuk “Let’s be Hijabers Aktif dan Sehat.” Acara yang digelar pada Minggu 29 April lalu ini ini dihadiri oleh lebih dari 80 hijabers muda dari kalangan mahasiswi dan komunitas hijaber  yang ingin mengembangkan pengetahuan mereka di bidang jurnalistik.

“Hijab bukanlah penghalang untuk berkarya dan berkarir. Hijab menjadi jati diri sejati bagi muslimah aktif dan kreatif,” kata Ketua Komunitas Jurnalis Berhijab Trifty Qurotta Aini.

KJB menghadirkan narasumber-narasumber keren  yang juga merupakan anggota KJB, seperti  Jurnalis Trans7 Hanidah Zaki dan Jurnalis Suara.com, Ummi Hadyah Saleh. Keduanya berbagi asiknya dan sedihnya jadi jurnalis. Apalagi jurnalis yang mengenakan hijab yang harus bertugas  meliput ke luar negeri yang Islam menjadi minoritas.

Talkshow  ini juga dikemas secara interaktif dan menyenangkan, enggak hanya  mendengarkan pemaparan dari para jurnalis kece tadi, para peserta juga diajak untuk mencoba menjadi reporter melalui live report games.

Trifty juga mengungkapkan, buat anak muda  yang punya minat besar untuk jadi Jurnalis jangan malas untuk membaca dan perbanyak pergaulan.

“Jurnalis harus banyak membaca untuk memperluas ilmu pengetahuan dan memperkuat networking sebagai aset,” ungkapnya.

Melalui acara tersebut, KJB berharap  minat para hijabers muda terhadap dunia jurnalistik akan semakin meningkat.

FYI, Komunitas Jurnalis Berhijab berdiri sejak tahun 2012 lalu. Hingga kini total jumlah anggota komunitas ini adalah lebih dari 100 orang. Visi KJB adalah menjadi wadah aktualisasi bagi para jurnalis berhijab di berbagai bidang dan menjadi perekat ukhuwah islamiyah bagi para jurnalis berhijab. Misi KJB adalah menyelenggarakan berbagai kegiatan di bidang pendidikan (khususnya jurnalistik dan public speaking), social, dan religi. Pada tahun 2012 komunitas ini diinisiasi oleh dua orang jurnalis dari berbeda media, Trifty Qurrota Aini yang saat itu bekerja di Metro TV dan Andyani Purnama yang saat itu bekerja di MNC TV.

Komunitas Jurnalis Berhijab pun juga pernah  mengisi berbagai program, diantaranya menjadi pembicara pada acara seminar dan workshop jurnalistik di sejumlah sekolah dan universitas. Bukan hanya tentang jurnalistik, KJB juga sering menjadi trainer public speaking di berbagai panti asuhan dan acara komunitas hijabers lainnya.

Reporter : Ranov

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in COMMUNITY