Connect
To Top

Intip Rahasia Orang Jepang Berumur Panjang

hanivamagazine.com- Jika kita melihat gaya hidup dan pola makan yang dijalani jaman sekarang, sepertinya seseorang tak akan banyak yang dapat hidup mendekati angka 100 tahun. Namun, di Okinawa, Jepang ada ratusan warga yang masih hidup meski telah menginjak usia lebih dari 100 tahun.

Kondisi yang membuat para orang tua panjang umur dan sehat ini, membuat Okinawa dijuluki sebagai “the land of immortals”.

Tahun lalu, jumlah warga yang sudah menginjak usia 90 tahun atau lebih di Jepang mencapai angka dua juta jiwa. Di antara mereka, ada nama Chiyo Miyako, yang terdata telah berusia 117 tahun.

Miyako sempat digelari sebagai manusia tertua di muka bumi, sebelum akhirnya meninggal pada bulan lalu. Gelar manusia tertua lalu beralih kepada Kane Tanaka. perempuan yang hidup di Fukuoka, Jepang ini kini berusia 115 tahun.

Sementara itu, gelar laki-laki tertua di dunia kini dipegang oleh Masazo Nonaka. Nonaka merayakan ulang tahunnya yang ke 113 pada 25 Juli lalu di Hokkaido, Jepang.

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di tahun 2018, rata-rata tingkat harapan hidup di Jepang adalah 84,2 tahun.

Untuk laki-laki, tingkat harapan hidup rata-rata mencapai 81,1 tahun, sedangkan perempuan 87,1 tahun.

Ternyata masyarakat Jepang, memiliki kebiasaan diet untuk tetap sehat. Kebiasaan diet tersebut diyakini menjadi salah satu alasan kuat terhadap banyaknya warga yang masih hidup meski sudah berusia lebih dari 100 tahun. Kebanyakan penduduknya lebih banyak mengkonsumsi daging ikan yang sehat bagi jantung dan kaya akan asam lemak omega-3 ketimbang daging ayam dan sapi.

Beberapa makanan populer lainnya, termasuk tahu dan rumput laut dipercaya mampu menekan risiko beberapa jenis kanker dan arteriosklerosis.

Sistem layanan kesehatan di Jepang pun diakui sebagai sistem terbaik di dunia. Sistem itu amat mudah dijangkau oleh rakyatnya. Pemerintah setempat menanggung biasa kesehatan warganya hingga 70 persen dari besarnya tagihan.

Bahkan, untuk warga berpenghasilan rendah, 90 persen tagihan kesehatan menjadi tanggungan pemerintah.

Selain Jepang seperti mengutip dari Laman USA Today, beberapa negara lain di dunia yang memiliki tingkat harapan hidup lebih lama adalah Swiss dan Spanyol.

Reporter: Ranov

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in LIFESTYLE