Connect
To Top

Kisah Mulia Durrah, Putri Abu Lahab Yang Membenci Nabi

Hanivamagazine.com – Siapa yang tak kenal Abu Lahab? Paman Nabi yang terkenal dengan perangainya yang buruk terhadap kemenakannya, Rasulullah SAW. Allah SWT mencantumkan kisah buruk Abu Lahab dan istrinya dalam satu surah khusus, al-Lahab.

Meski begitu pasangan yang membenci Allah dan Rasul-Nya Ini dikaruniai putrid sholeha bernama Durrah binti Abu Lahab. Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Pepatah itu ternyata tak selamanya benar. Hal itu terbukti pada Durrah binti Abu Lahab bin Abdul Muthalib.

Tumbuh dan besar di antara ayahnya, Abu Lahab, dan ibunya, Arwa Binti Harb bin Umayyah, tak menjadikan dia mengikuti jejak kekafiran kedua orang tuanya. Keislaman Durrah terjadi ketika dia lari dari kedua orang tuanya dan memutuskan memilih Islam.

Ketika itu, Durrah datang ke Madinah sebagai Muhajirin. Dia pun sampai di rumah Rafi bin Mu’alla. Setelah orang mengetahui dia anak dari Abu Lahab, beberapa wanita dari Bani Zuraiq mencelanya karena kelakukan kedua orang tuanya. Melihat sambutan yang kurang baik tersebut, Durrah mengadu ke Rasulullah SAW. Rasululah SAW memerintahkan Durrah duduk sejenak.

Setelahnya, Rasulullah SAW mengimami shalat Zhuhur dan duduk di atas mimbar. Dia pun bersabda, “Wahai, orang-orang, mengapa aku diganggu atas keluargaku? Demi Allah, sungguh syafaatku akan diperoleh kerabatku, bahkan Shada, Hakam, dan Salhab pun akan memperolehnya pada hari kiamat.”

Tidak hanya ayah dan ibunya, keputusan Durrah memeluk Islam juga membuat dirinya dibenci oleh saudara kandung sendiri. Namun, itu tidak membuat Durrah putus asa untuk mengajak orang tuanya. Meski ditolak, jiwa tauhid Durrah membuncah. Karena keislamannya, dia berani meninggalkan tanah kelahiran dan keluarganya untuk bergabung bersama Rasulullah SAW di Madinah.

Sebelum memeluk Islam, DUurroh menikah dengan Harits bin Naufal. Seorang kafir yang gigih memerangi Rasulullah. Ia meninggal dalam perang Badar. Pada pernikahannya ini ia dikarunia tiga orang anak, Uqbah, Al–Walid, dan Abu Muslim. Setelah ikut berhijrah ke Madinah, Durroh dipinang oleh Dahiyah Al–Kalbi, seorang muslim yang taat sekaligus yang paling tampan di masanya. Sungguh Allah mengganti suami Durroh dengan seorang yang jauh lebih baik daripada sebelumnya.

Durroh binti Abu Lahab juga dikenal sebagai salah satu sahabiyah yang banyak meriwayatkan hadits Rasulullah. Sungguh mulia perbuatannya dalam membantu jalan Rasulullah dalam berdakwah. Semoga Allah senantiasa memberi berkah kepada Durroh berserta keturunannya.

Reporter: utin

 

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in INSPIRING