Connect
To Top

KOMUNITAS AL-IMANU NEW CASTLE: WADAH PERSAUDARAAN MUSLIM INDONESIA DI INGGRIS

New Castle, Hanivamagazine.com – Hidup dinegara berpenduduk minoritas muslim, tentu tak seperti layaknya kita menjalani aktivitas keagamaan di Indonesia. Untuk itu muslim disana mencari cara agar bisa menemukan wadah yang mampu mempererat tali persaudaraan sesama muslim di negara non-muslim.

Diantara berbagai cara yang dilakukan muslim Indonesia di New Castle, guna memperkuat ukhuwah Islamiyah, Al-Imanu muncul sebagai komunitas yang mampu menaungi semua warga Indonesia muslim yang berada di New Castle melalui berbagai kegiatan rohani yang rutin diadakan.
Al-Imanu sendiri, merupakan sebuah komunitas muslim yang berada di kota Newcastle, Inggris. Al-Imanu terdiri atas warga Indonesia muslim yang tinggal di Newcastle, baik itu sedang menempuh studi, bekerja di Newcastle, ataupun warga Indonesia yang menetap di Newcastle karena menikah dengan warga negara Inggris/warga negara asing lainnya.

Saat ini, Al-Imanu baru berganti kepemimpinan, sebelumnya Al-Imanu dipimpin oleh Djuang Fadjar Sodikin. Barulah pada tanggal 16 Oktober 2016 kemarin, Al-Imanu memiliki ketua baru, yaitu mahasiswa Indonesia bernama Donny Yordan. Komunitas ini berisikan banyak kegiatan, diantaranya adalah kegiatan pengajian besar Al-Imanu dimana laki-laki (kami menyebutnya brothers) dan perempuan (kami menyebutnya sisters) mengaji dan makan bersama yang biasa di lakukan di kebun.

 

Berdonasi Untuk Kegiatan Sosial
Selain pengajian, Al-Imanu juga memiliki banyak kegiatan lain, misalnya adalah perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia, trip beberapa kota lain seperti Edinburg dan York, perayaan Idul Fitri dan Idul Adha. Selain itu para sisters dan brothers juga memiliki pengajian masing-masing. Sama halnya dengan pengajian Al-Imanu, pengajian sisters (khusus putri) baru berganti kepengurusan.

Pada tahun sebelumnya pengurus pengajian sisters terdapat 3 orang diantaranya Dien Astuti, Anna R Riani, dan Asmarani F. Pada tanggal 9 Oktober 2016 pengajian Sisters baru saja berganti pengurus untuk kepengurusan tahun 2016-2017, dan terpilihlah 3 mahasiswi Indonesia sebagai pengurus baru, yaitu Trifty Qurrota Aini, Avy Sheina, dan Lita Siregar. Untuk anak-anak Al-Imanu juga memiliki program Al-Imanu kids, agar anak-anak semakin dapat memperdalam pengetahuan agama.

Menurut ketua Al-Imanu periode 2015-2016 Djuang Fadjar Sodikin, jumlah warga negara Indonesia yang aktif menghadiri kegiatan Al-Imanu saat ini adalah berkisar 80 orang. Al-Imanu juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial, khususnya membantu negara-negara konflik. Al-Imanu pernah berpartisipasi menyumbangkan donasi ke negara Suriah sebesar 675 poundsterling yang disalurkan melalui Green Lane Masjid di Birmingham Inggris.

Al-Imanu juga sering menjalin kerjasama dengan berbagai komunitas, salah satunya adalah bekerja sama dengan KIBAR (Indonesian moslem community in Great Britain) yang merupakan komunitas muslim di Inggris yang menaungi warga negara Indonesia muslim di berbagai kota di Inggris. KIBAR sering mengadakan kegiatan keagamaan di berbagai kota, diantaranya London, Leicester, Manchester, Birmingham, dan masih banyak lagi. (dikirim oleh Trifty Qurota)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in COMMUNITY