Connect
To Top

Kondisi Rambut Ungkap Kesehatan Kita

hanivamagazine.com – Kita tidak bisa menilai seseorang dari bentuk kepalanya. Tetapi kita dapat menilai kesehatannya dengan kondisi rambutnya. Rambut adalah barometer yang bagus untuk kesehatan umum Anda. Garis rambut yang surut atau rambut rontok yang berlebihan mungkin menunjukkan masalah yang lebih besar. Nah dengarkan rambut Anda. Atasi masalahnya.

1. Rambut rontok kemungkinan kekurangan zat besi.

Rambut rontok mungkin salah satu kekhawatiran utama masalah rambut. Tidak ada yang lebih mengganggu wanita daripada melihat gumpalan rambut di lantai atau di sikat rambut. Tetapi mencari tahu penyebab sebenarnya adalah penting untuk memperlakukannya dengan benar.

Itu normal jika rambut mati jatuh dan diganti. Jadi, hilangnya 50-100 helai setiap hari adalah normal. Namun ketika rambut rontok melebihi jumlah ini, ini disebut sebagai kerontokan rambut patologis dan menjadi perhatian. “Ada beberapa faktor seperti faktor keturunan, penyakit, kekurangan zat besi, kelelahan atau rambut rontok musiman klasik,” kata Michel Baltazar, direktur teknik, Jean-Claude Biguine.

Ini juga bisa mengarah ke masalah tiroid atau stres. “Setelah melahirkan, hampir semua wanita menderita rambut rontok. Ketika datang ke nutrisi, toko-toko besi sangat penting untuk kekuatan rambut. Jika toko besi Anda rendah, bahkan jika hemoglobin Anda normal, Anda bisa menderita rambut rontok. Kekurangan protein juga dikenal sebagai penyebab penipisan rambut dan kerusakan, “kata Dr Lohia.

2. Gatal pada kulit kepala kemungkinan penyakit kulut.
Tidak hanya gatal kulit kepala Anda terlalu memalukan, itu juga bisa menjadi penyebab yang mendasari untuk sesuatu yang lebih serius.
Kulit kepala yang gatal dapat menunjukkan tingkat sebum yang rendah. Michel mengatakan itu mungkin karena penyakit kulit seperti eksim atau psoriasis. “Penyebabnya mungkin stres, kelelahan atau alergi terhadap zat tertentu dalam produk perawatan rambut,” tambahnya. Kiran mengatakan bahwa itu bahkan bisa menjadi kekurangan zat besi, dan menyarankan untuk mengidentifikasi penyebabnya, lalu mengatasinya. “Hanya dokter kulit yang dapat mendiagnosis masalah dan meresepkan obat yang tepat. Ada ratusan penyakit yang muncul sebagai patch bersisik — jadi mengunjungi dokter sangat penting.

3. Rambut menipis kemungkinan terlalu banyak zat kimia.
Rambut menipis adalah masalah awal rambut rontok dan menunjukkan bahwa surai Anda tidak terlalu sehat. Sebelum memburuk, ambil tindakan yang diperlukan.
“Penipisan rambut bisa disebabkan oleh banyak masalah, termasuk terlalu banyak perawatan rambut, merusak kebiasaan rambut, kekurangan nutrisi dan masalah hormonal seperti PCOS. Itu juga bisa menjadi masalah genetik atau disebabkan oleh penuaan, “kata Dr Lohia. Dia menyarankan untuk memeriksa dengan dokter Anda untuk menentukan penyebabnya. “Pasca diagnosis ini, berbagai metode tersedia untuk mengobati masalah, termasuk terapi PRP (plasma kaya trombosit) untuk menyeimbangkan sistem. Hal ini juga dapat disebabkan oleh kondisi yang disebut effluvium telogen kronis, yang merupakan jenis penipisan rambut berlebih pada wanita yang berlangsung lebih dari enam bulan, dan perlu diobati dengan tepat, “dia memperingatkan.

4.Rambut bercabang karena kurang perawatan.
Ketika rambut Anda mulai dibagi menjadi dua, sekarang saatnya untuk memperhatikan dan memperbaikinya. Kurangnya keratin menyebabkan ujung bercabang dan ada beberapa alasan untuk ini. “Ini bisa terjadi jika rambut bekerja terlalu keras saat styling panas tanpa aplikasi produk pelindung panas atau jika pengering Anda terlalu kuat atau terlalu dekat dengan helaian rambut saat kering. Penyebab lainnya adalah menggosok rambut di bantal saat Anda tidur atau rambut panjang, bergesekan dengan pakaian, “kata Michel. Kurangi perawatan rambut yang ekstensif seperti mewarnai dan mengeringkan rambut. Terlalu banyak trauma rambut menyebabkan ujung rambut bercabang dan patah. Sembuhkan dengan pemijatan biasa atau perawatan seperti Olaplex.

5. Rambut kasar mungkin masalah hormonal.
Sementara beberapa dari kita memiliki tekstur rambut yang kering dan kasar, yang lain menemukan bahwa seiring waktu, surai sutra Anda telah menjadi kasar. Kita tidak memiliki rambut yang sama dengan kita dilahirkan, dan seringkali, tekstur berubah setiap 10 hingga 15 tahun karena fluktuasi kadar hormon, kondisi medis dan asupan makanan. Untuk mengatasi hal ini, Dr Lohia menyarankan untuk memeriksa kadar hormon Anda dan memperbaiki masalah apa pun dengan bantuan ahli. Produk yang salah juga dapat menyebabkan rambut kasar dan air yang Anda gunakan untuk mencuci surai juga memainkan bagian di dalamnya. Jadi pastikan bahwa air yang Anda dapatkan di rumah tidak sulit dan jika ya, gunakan cara untuk membuatnya lembut sebelum Anda mencuci rambut dengan itu.

6. Beruban sebelum waktunya.
Memiliki rambut yang telah berubah sebelum waktunya? Rambut abu-abu adalah hasil dari penurunan kadar melanin. Ini adalah pigmen yang memberi warna pada rambut, dan semua orang kehilangannya pada tingkat yang berbeda .
“Tetapi jika Anda tiba-tiba menemukan rambut Anda beruban dan Anda berusia di bawah 35 tahun, ini juga bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin B,” kata Michel. “Juga, periksa tiroidmu. Tiroid yang rendah dapat menyebabkan rambut memutih, “kata Dr Lohia. Membuat rambut Anda menjadi hitam lagi sangat tidak mungkin, tetapi Anda dapat mencoba mengontrol keabu-abuan dini dengan langkah yang tepat agar tidak menyerah.

7. Rambut suram karena kurang vitamin.
Apakah rambut Anda terlihat tidak suram dan kering ? Jika sudah kehilangan kilapnya, itu karena Anda mungkin tidak makan dengan benar. Anda makan terlalu banyak junk food atau mengalami dehidrasi. Makanan-makanan ini tidak memiliki nutrisi tetapi hanya dipenuhi dengan kalori dan itu juga mempengaruhi rambut Anda.
” Makanlah banyak sayuran, buah-buahan, dan protein dalam diet Anda, dan jauhi makanan yang meningkatkan kadar kortisol dalam sistem, seperti gula olahan atau maida,” saran Dr Lohia. Michel mengatakan itu bisa juga karena sinar UV dari matahari, menggunakan sampo yang salah atau kehilangan keratin. “Hindari semua produk, shampoo atau conditioner yang mengandung silikon atau parafin. Zat ini bisa membuat rambut Anda bersinar tetapi akhirnya, mereka akan menodai lebih banyak. Jangan menyalahgunakan shampo anti-ketombe atau volumising, mereka semua mengandung bahan-bahan yang pada waktunya akan menguras keratin di rambut Anda, ” kata Michel.

Reporter : gilz/foto:pixabay.com

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in BEAUTY

  • Yuk Pilih Lipstik Sesuai Warna Kulit Wajah

    hanivamagazine.com – Pemakaian lipstik yang diserasikan dengan warna kulit wajah mampu memunculkan efek menawan. Nah, ini panduan memilih lipstik sesuai warna...

    Hanivamagazine.comAugust 6, 2018
  • Rahasia Highlighter Agar Wajah Cerah Seharian

    hanivamagazine.com- Jika Anda ingin adalah membuat wajah terlihat lebih prima, tidak terlihat lelah, lebih segar dan kulit pun tampak sehat dan...

    Hanivamagazine.comAugust 1, 2018
  • Ajaibnya Serum Seharga Rp. 17 Juta per-15 ml!

    hanivamagazine. com- Serum  kecantikan ini digadang-gadang menjadi item kecantikan yang sangat mahal. Bahkan, harganya bisa disandingkan dengan sebuah motor disini, loh!....

    Hanivamagazine.comJuly 31, 2018
  • Makeup Nuansa Sunset Saat Musim Panas

    hanivamagazine.com- Makeup untuk menciptakan look ini, Anda membutuhkan kombinasi dua warna eyeshadow bernuansa cokelat bata dan kuning. Aplikasikan bagian kelopak mata dengan warna kuning, lalu...

    Hanivamagazine.comJuly 30, 2018
  • Treatment Kecantikan Dengan Oksigen Sedang Tren Di Korea

    hanivamagazine.com- Seiring dengan berkembangnya dunia perawatan kecantikan, kini sudah banyak bermunculan perawatan baru yang dapat menjadi pilihan para konsumen yang peduli akan...

    Hanivamagazine.comJuly 22, 2018