Connect
To Top

Lagi! Teater Koma Gabungkan Pentas Panggung Dengan Unsur Animasi dan Multimedia

hanivamagazine.com- Teater Koma kembali menggelar pementasan ke-154 yang bertajuk Mahabarata: Asmara Raja Dewa. Pertunjukkan tersebut akan dipentaskan di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki mulai 16 – 25 November 2018. Setelah menggelar Gemintang yang bertema fiksi ilmiah di bulan Juni dan Juli lalu, kini Teater Koma mengangkat kisah kehidupan para dewa dan wayang. Pentas kali ini juga merupakan pembuka bagi semesta lakon-lakon Mahabarata lainnya.

Sutradara Nano Riantiarno menuturkan selama dua kali pertunjukan Teater Koma, pihaknya dibantu oleh seniman multimedia asal Bandung bernama Bulkini. Khusus untuk lakon ‘Mahabarata’ selama proses 4 bulan lamanya, Teater Koma dan Bulkini membuat unsur animasi dan multimedia tersebut.

“Kami menyiapkannya selama empat bulan dan beberapa kali latihan Bulkini datang ke sanggar. Tim kami juga pernah nyusulin ke Bandung, bareng penata cahaya juga. Ini sudah bagus banget unsur digitalnya,” ujarnya, Kamis (15/11) malam.

Evolusi yang dilakukan oleh Teater Koma bukanlah tanpa sebab. “Yang sekarang ini kan kita harus cepat-cepat tangkap zaman. Mudah-mudahan bisa diterima penonton setia kami, khususnya bagi milenial, generasi penonton baru kami,” kata Nano.

Menceritakan dari kekosongan, Sang Hyang Wenang mencipta Tiga Dunia: Mayapada (dunia atas), Madyapada (dunia gelap), dan Marcapada (dunia bawah), beserta seluruh penghuninya. Lalu, terjadi perang dahsyat, perebutan kekuasaan antara Idajil dan Hyang Tunggal, pewaris Wenang. Idajil kalah, dibelenggu dan diasingkan. Setelah beberapa waktu, Hyang Tunggal lengser dan digantikan oleh Batara Guru.

Inilah kisah tentang Rajadewa, Batara Guru, dalam menjaga kedamaian Tiga Dunia yang selalu diusik oleh penghuni Dunia Gelap. Mereka selalu berhasrat merebut tampuk kekuasaan Tiga Dunia. Belum lagi Idajil, selalu menghasut para perusuh dari belenggu tempat pengasingannya.

Reporter : Ranov

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in NEWS