Connect
To Top

Lenny Agustin Ciptakan Batik Khas Kepulauan Sula Lewat “Wan Sosa”

hanivamagazine.com- Pada fashion show di JFW 2019 desainer Lenny Agustin mengangkat tema Wansosa. Wansosa memiliki arti dalam bahasa Kep.Sula adalah Lebah. Dan lewat kreatifitasnya,Lenny menciptakan ikon lebah untuk menjadi identitas batik Kabupaten Sula.

Lebah sendiri merupakan salah satu ikon kebanggan Sula yang terkenal dengan madu asli dari lebah liar di hutan. Hal ini juga menjadi alasan mengapa lebah dijadikan salah satu signature dominan dalam motif-malotif Batik Xoela.

Dan Lenny pun sebelumnya ,memberikan pelatihan cara membatik pada masyarakat Sula.
“Untuk pengrajin di Sula,saya sudah kesana selama 7 bulan untuk memberikan pelatihan masyarakat Sula yang ingin membatik yang mungkin sebelumnya belum tahu cara membatik. Jadi dari remaja,ibu-ibu sampai bapak bapak boleh banget untuk bergabung,”kata Lenny Agustin saat konferensi pers di JFW 2019, Kamis(25/10).

“Dari sini saya ingin membuktikan bahwa batik enggak hanya dapat di buat oleh orang-orang di pulau jawa tapi di luar pulau jawa pun bisa,” tambahnya.

Selain itu,Kepulauan Sula yang belum memiliki ciri khas batik asli dari daerah tersebut, kolaborasi dengan Lenny pun menjadi keuntungan besar untuk masyarakan Sula untuk meningkatkan kreatifitas dan ekonomi.

” Sebelumnya belum ada karya dari kabupaten sendiri dan ini akan menjadi warisan budaya Sula sendiri,”kata Hendro selaku Pemda Kabupaten Sula.

Wujud lebah dan lingkungannya berkembang biak dan menghasilkan madu ,Lenny terjemahkan dalam blus ber-cutting unik , rok bervolume dan asimetris, Oversized Jacket dan aksesoris bunga.

Warna yang ia pilih adalah dominan warna gelap seperti hijau,biru,ungu,pink,hitam,oranye yang merupakan gambaran dari lebah. Detailnya lenny aplikasikan rajutan,sulaman, fril dari potongan bahan neopreme,motif motif lebah dari potongan kain, serta aklitik yang di lazer cut.

Selain itu,Lenny menggandeng Wardag Cosmetic sebagai make up , Wanni Shoes dan aksrsoris dari Art Square.

Reporter : Ranov

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in FASHION