Connect
To Top

Makanan Superfood Yang Tergolong Aneh, Yuk Coba!

Hanivamagazine.com – Yang sedang menjalani program diet pasti memilih makanan berprotein dan tidak untuk yang berkalori tinggi. Seperti beragam superfood. Nah, ada lo superfood yang berasal dari bahan di luar bayangan kita.

Superfood biasanya dari bahan-bahan gandum dan jenis beri-berian.Namun ada yang bahan yang out of box, di luar bayangan kita seperti dari jangkrik! Ini dia:

Spirulina

Spirulina berasal dari keluarga ganggang (cyanobacteria) yang sangat tinggi protein dan nutrisi. Selain mengandung protein (70%),vitamin B-12, zat besi, dan vitamin A, spirulina tidak mengandung selulosa, yang membuatnya jauh lebih mudah dicerna tubuh. Selain itu, spirulina juga memiliki zat anti-inflamasi atau anti radang.

Sea Buckthorn

Buah ini memiliki sifat anti-inflamasi dan tinggi flavonoid, bahkan antioksidannya setara dengan yang ada di anggur merah. Selain itu, sea buckthorn juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan membantu penurunan berat badan.

Nutritional Yeast

Nutritional yeast adalah ragi yang berasal dari golongan jamur bersel satu dan banyak digunakan sebagai pengganti keju atau penyedap karena rasanya yang gurih. Di dalam yeast ini terkandung asam folat dan amino, protein, dan vitamin B kompleks.

Aquafaba

Aquafaba adalah cairan dari hasil memasak kacang-kacangan. Cairan ini agak kental dan legit dengan konsistensi yang sangat mirip dengan putih telur mentah. Kamu bisa menggunakannya sebagai pengganti putih telur, bahkan untuk membuat cake atau cookies sekali pun. Aquafaba mengandung protein, folat, zat besi, dan seng.

Maca

Maca merupakan akar yang berasal dari keluarga lobak. Bermanfaat untuk meningkatkan energi, menjaga stamina, dan mengurangi gelaja PMS. Jadi jika kamu nyeri haid jangan langsung meminum obat penghilang rasa sakit. Cukup konsumsi Maca ini , girls!

Tepung Jangkrik

Dengar kata jangrik, pastinya kamu merasa aneh bahkan jijik. Namun kamu perlu tahu, didaerah tertentu di Indonesia masyarakatnya konsumsi jangkrik lo!. Yap! Jangkrik terkenal mengandung banyak protein. Agar lebih mudah dikonsumsi, jangkrik dibuat menjadi tepung. Dalam satu sendok makan tepung jangkrik terdapat 7 gram protein (20% dari kebutuhan total protein harian) dan 2% dari nilai total kebutuhan kalsium dan zat besi harian. Udah enggak bentuk jangkrik lagi, tak perlu jijik, apalagi demi sehat dan ramping.

Reporter : Ranov

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in LIFESTYLE