Connect
To Top

Perempuan Wajib Tahu Tanda-Tanda Penyakit Miom

Hanivamagazine.co.id – Berdasarkan fakta, 70 persen perempuan uterine fobroid atau fibroid rahim suatu saat dalam kehidupan. Fibroid merupakan pertumbuhan sel yang tidak normal pada rahim atau uterus. Fibroid uterus juga dikenal dengan sebutan miom, fibromiom, leimiom uteri dan cukup umum terjadi pada kaum hawa.

Gejala uterus fibroid bervariasi bergantung pada bentuk dan ukuran pertumbuhan fibroid atau miom. Miom bisa berbentuk sangat kecil sehingga sulit untuk dideteksi atau berukuran sangat besar sampai bisa merusak rahim.

Melansir dari laman womenshealthmag, berikut beberapa gejala fibroid rahim atau miom yang harus Anda waspadai.

1.Panggul terasa nyeri dan tertekan

Nyeri pada panggul dikenal sebagai gejala fibroid atau miom yang paling umum.

Hal ini diungkapkan oleh seorang dokter kandungan-ginekologi di Weil Cornell Medicine dan New York-Presbyterian.

Perempuan yang memiliki fibroid uterus atau miom akan cenderung merasakan sensai seperti sesuatu yang menekan panggulnya.

2.Periode yang tak sesuai aturan

Tak sesuai aturan disini artinya Anda mengalami periode waktu bulananmu lebih dari batas normal.

Semisal Anda periode bulanan berlangsung seminggu, tapi karena adanya miom kamu bisa mengalami haid selama 2 minggu atau lebih.

3.Kelelahan yang berlebihan

Beberapa kasus miom bisa menyebabkan anemia, kekurangan sel darah merah atau zat besi. Hal ini terjadi karena periode bulanan yang lebih dari normal sehingga membuat seroang perempuan kehilangan banyak darah.

4.Kembung

Sebagian besar kasus miom atau fibroid uterus menyebabkan kembung.Perkembangan ukuran miom bisa seperti seorang ibu hamil.

Hal ini akan menyebabkan kesulitan dalam bernapas dan juga berbahaya buat organ ginjal. Jika ukuran perut membesar secara tidak normal, segeralah periksa ke dokter.

5.Sering buang air kecil

Rahim terletak persis disebelah kandung kemih. Jika ada masa yang tumbuh di luar rahim di sebelah kiri maka itu akan menekan kandung kemih. Kondisi ini akan meningkatkan frekuensi kencing seorang perempuan.

6. Susah untuk BAB atau buang air kecil

Di sisi lain, miom atau fibroid uterus bisa membuat sulit BAB. Penyebabnya masih sama karena letak rahim yang bersebelahan dengan kandung kemih.

Reporter: Zacky

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in LIFESTYLE

  • Ke London? Ini Lokasi Belanjanya!

    hanivamagazine.com –  London tetap menjadi rumah bagi department store pertama di dunia, dan masih bisa dibilang terbaik, Selfridges yang berlantai marmer.  Taoi...

    Hanivamagazine.comJune 3, 2018
  • Cara Tepat Berolahraga Di Bulan Puasa

    hanivamagazine.com- Puasa bukanlah suatu hambatan untuk kita melakukan aktifitas sehari-hari, termasuk berolahraga. Namun pada saat bulan puasa, kita harus tahu yah...

    Hanivamagazine.comMay 18, 2018
  • Trik Traveling Biar Kantong Nggak Jebol

    Hanivamagazine.com – Buat kamu pecinta traveling ke tempat kece di Indonesia maupun ke Luar Negeri, pastinya butuh banyak banget budget untuk...

    Hanivamagazine.comMay 11, 2018
  • Berburu Indahnya Sunset Di Laut Arafura, Merauke

    hanivamagazine.com- Bagi Anda para pecinta suasana pantai, sepertinya Anda wajib menyambangi pantai yang ada di Merauke ini. Salah satu yang kini...

    Hanivamagazine.comMay 8, 2018
  • Langsing Tanpa Nyiksa Dengan Diet Mediterania

    hanivamagazine.com- Hampir semua orang terutama perempuan menginginkan bentuk tubuh yang ideal. Karenanya, banyak diantara mereka yang rela melakukan diet untuk menurunkan...

    Hanivamagazine.comApril 20, 2018