Connect
To Top

Tahukah Kamu, Minum Langsung Dari Botol Dilarang Dalam Islam

hanivamagazine.com- Meminum minuman  langsung dari sebuah botol minuman dingin memang sangat menyegarkan dan kita seringkali melakukannya. Hal itu didukung banyaknya kemasan air minum dalam botol yang dijual di pasaran. Meski begitu, apakah perilaku tersebut dianjurkan dalam Islam?.

Sebenarnya ada anjuran dalam Islam agar kita tidak minum langsung dari botol. Bahkan Rasulullah Muhammad SAW sendiri melarang minum dengan menempelkan mulut para bibir botol. Larangan ini terdapat dalam hadis Mutafaq Alaihi, dari Abu Hurairah RA.
” Nabi SAW melarang minum dari mulut siqa’ atau qirbah.”

Dikutip dari konsultasi syariah, hadis di atas menyebut kata siqa’, yaitu wadah air yang mempunyai mulut sehingga bisa minum dari wadah itu. Sedangkan qirbah adalah tempat air yang terbuat dari kulit.

Para ulama menyimpulkan ada tiga alasan yang mendasarinya. Salah satu ulama yang membahas hal ini adalah Ibnul Arabi dalam kitab Fathul Bari.
Alasan pertama, isi di dalam qirbah tidak bisa dilihat karena bahannya dari kulit. Ada kekhawatiran qirbah diisi ular. Sehingga ketika orang minum, yang keluar adalah hewan melata itu.

Tetapi, alasan ini tidak kita temukan untuk konteks pada saat jaman ini. Sebab, kebanyakan botol minuman dibuat transparan sehingga isinya terlihat.

Alasan kedua, air jadi tumpah ketika orang minum dari botol. Sebab, air yang keluar jumlahnya melebihi kebutuhan sampai membasahi pakaian peminumnya.

Alasan ini bisa kita temukan dalam masyarakat kekinian. Seringkali kita saksikan bahkan alami sendiri minum dari botol sampai airnya tumpah.
Alasan ketiga, ludah peminum bisa tertinggal di mulut botol. Padahal, air yang ada di botol itu juga diminum orang lain.
Alhasil, orang lain bisa batal minum karena merasa jijik. Bisa juga ludah yang tertinggal menularkan penyakit.
Meski demikian, alasan ini berlaku apabila air akan diminum orang lain. Jika diminum sendiri, maka dibolehkan untuk minum langsung dari mulut botol.

Sungguh Islam memperhatikan hal kecil, hal tersebut untuk melindungi kita umat Islam terhadap penyakit dan kebersihan diri. Subhanallah…!
Reporter : Ranov

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in TRENDS

  • Dianggap Merusak Generasi Muda, Tik Tok Diblokir

    hanivamagazine.com- Aplikasi Tik Tok yang merupakan aplikasi populer yang membuat penggunanya untuk membuat video musik pendek, telah dilarang di Indonesia. Kementerian...

    Hanivamagazine.comJuly 5, 2018
  • Demam Piala Dunia, Ini Koleksi Merchandise Langka

    hanivamagazine. com- Banyak para penggila bola yang antusias mengikuti Piala Dunia 2018.Bahkan tak sedikit yang mengumpulkan berbagai aksesoris yang bertajuk Piala...

    Hanivamagazine.comJune 28, 2018
  • Teater koma Tampilkan Lakon “Gemintang” Dengan Rasa Jaman Now

    hanivamagazine.com- Teater koma kembali menyuguhkan pertunjukkan teater yang futuristik. Lakon yang berjudul “Gemintang” ini.  Merupakan lakon  produksi ke-153 Teater Koma dan...

    Hanivamagazine.comJune 26, 2018
  • Tren Terbaru Aksesori

    hanivamagazine.com  Seorang perancang aksesori papan atas dunia,  baru saja merilis aksesori karyanya.  Karen Adler Joailliers ahli perhiasan Swiss Turki merancang cincin, ...

    Hanivamagazine.comJune 9, 2018
  • Tips dan Tren Fashion Lebaran 2018, Ini Kata Ivan Gunawan

    Hanivamagazine.com- Hari kemenangan tinggal hitungan hari lagi, sebagai umat muslim kita pasti semakin gencar beribadah.Dan  juga pastinya kita menyambut Hari Raya...

    Hanivamagazine.comJune 7, 2018