Connect
To Top

Tahukah Kamu, Minum Langsung Dari Botol Dilarang Dalam Islam

hanivamagazine.com- Meminum minuman  langsung dari sebuah botol minuman dingin memang sangat menyegarkan dan kita seringkali melakukannya. Hal itu didukung banyaknya kemasan air minum dalam botol yang dijual di pasaran. Meski begitu, apakah perilaku tersebut dianjurkan dalam Islam?.

Sebenarnya ada anjuran dalam Islam agar kita tidak minum langsung dari botol. Bahkan Rasulullah Muhammad SAW sendiri melarang minum dengan menempelkan mulut para bibir botol. Larangan ini terdapat dalam hadis Mutafaq Alaihi, dari Abu Hurairah RA.
” Nabi SAW melarang minum dari mulut siqa’ atau qirbah.”

Dikutip dari konsultasi syariah, hadis di atas menyebut kata siqa’, yaitu wadah air yang mempunyai mulut sehingga bisa minum dari wadah itu. Sedangkan qirbah adalah tempat air yang terbuat dari kulit.

Para ulama menyimpulkan ada tiga alasan yang mendasarinya. Salah satu ulama yang membahas hal ini adalah Ibnul Arabi dalam kitab Fathul Bari.
Alasan pertama, isi di dalam qirbah tidak bisa dilihat karena bahannya dari kulit. Ada kekhawatiran qirbah diisi ular. Sehingga ketika orang minum, yang keluar adalah hewan melata itu.

Tetapi, alasan ini tidak kita temukan untuk konteks pada saat jaman ini. Sebab, kebanyakan botol minuman dibuat transparan sehingga isinya terlihat.

Alasan kedua, air jadi tumpah ketika orang minum dari botol. Sebab, air yang keluar jumlahnya melebihi kebutuhan sampai membasahi pakaian peminumnya.

Alasan ini bisa kita temukan dalam masyarakat kekinian. Seringkali kita saksikan bahkan alami sendiri minum dari botol sampai airnya tumpah.
Alasan ketiga, ludah peminum bisa tertinggal di mulut botol. Padahal, air yang ada di botol itu juga diminum orang lain.
Alhasil, orang lain bisa batal minum karena merasa jijik. Bisa juga ludah yang tertinggal menularkan penyakit.
Meski demikian, alasan ini berlaku apabila air akan diminum orang lain. Jika diminum sendiri, maka dibolehkan untuk minum langsung dari mulut botol.

Sungguh Islam memperhatikan hal kecil, hal tersebut untuk melindungi kita umat Islam terhadap penyakit dan kebersihan diri. Subhanallah…!
Reporter : Ranov

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in TRENDS

  • Figur Ngetren Marvel Digemari Di Seantero Dunia

    hanivamagazine.com – Banyaknya karakter figur action Marvel ini, sepertinya membuat para penggemarnya penasaran dengan semua karakter figur action Marvel itu. Memang...

    Hanivamagazine.comAugust 25, 2018
  • Kaus Kaki Edisi Trendi

    hanivamagazine.com – Du pasaran kini marak kaus kaki bermotif. Bermacam corak dan warna bisa jadi pilihan kekinian. Reporter : gilz Related...

    Hanivamagazine.comAugust 20, 2018
  • Santai Buat Week End

    hanivamagazine.com – Untuk acara week end yang santai tapi tetap gaya, pilih denim koleksi Anda. Padukan dengan aksesoris yang tepat seperti...

    Hanivamagazine.comAugust 19, 2018
  • Asik! Halal Restaurant Week Korea Hadir Lagi!

    Jakarta, hanivamagazine.com- Saat ini, makanan telah menjadi pertimbangan utama dalam memilih destinasi wisata. Untuk dunia pariwisata, Korea terkenal sebagai salah satu...

    Hanivamagazine.comAugust 16, 2018
  • ConverseXSanrio Akan Keluarkan Sneakers Edisi Hello Kitty

    hanivamagazine.com- Buat kamu penyuka sneakers sekaligus penggemar berat tokoh kartun kucing lucu  Hello Kitty. Nah, ada item yang akan menambah koleksi...

    Hanivamagazine.comAugust 13, 2018