Connect
To Top

Tahukah Kamu, Minum Langsung Dari Botol Dilarang Dalam Islam

hanivamagazine.com- Meminum minuman  langsung dari sebuah botol minuman dingin memang sangat menyegarkan dan kita seringkali melakukannya. Hal itu didukung banyaknya kemasan air minum dalam botol yang dijual di pasaran. Meski begitu, apakah perilaku tersebut dianjurkan dalam Islam?.

Sebenarnya ada anjuran dalam Islam agar kita tidak minum langsung dari botol. Bahkan Rasulullah Muhammad SAW sendiri melarang minum dengan menempelkan mulut para bibir botol. Larangan ini terdapat dalam hadis Mutafaq Alaihi, dari Abu Hurairah RA.
” Nabi SAW melarang minum dari mulut siqa’ atau qirbah.”

Dikutip dari konsultasi syariah, hadis di atas menyebut kata siqa’, yaitu wadah air yang mempunyai mulut sehingga bisa minum dari wadah itu. Sedangkan qirbah adalah tempat air yang terbuat dari kulit.

Para ulama menyimpulkan ada tiga alasan yang mendasarinya. Salah satu ulama yang membahas hal ini adalah Ibnul Arabi dalam kitab Fathul Bari.
Alasan pertama, isi di dalam qirbah tidak bisa dilihat karena bahannya dari kulit. Ada kekhawatiran qirbah diisi ular. Sehingga ketika orang minum, yang keluar adalah hewan melata itu.

Tetapi, alasan ini tidak kita temukan untuk konteks pada saat jaman ini. Sebab, kebanyakan botol minuman dibuat transparan sehingga isinya terlihat.

Alasan kedua, air jadi tumpah ketika orang minum dari botol. Sebab, air yang keluar jumlahnya melebihi kebutuhan sampai membasahi pakaian peminumnya.

Alasan ini bisa kita temukan dalam masyarakat kekinian. Seringkali kita saksikan bahkan alami sendiri minum dari botol sampai airnya tumpah.
Alasan ketiga, ludah peminum bisa tertinggal di mulut botol. Padahal, air yang ada di botol itu juga diminum orang lain.
Alhasil, orang lain bisa batal minum karena merasa jijik. Bisa juga ludah yang tertinggal menularkan penyakit.
Meski demikian, alasan ini berlaku apabila air akan diminum orang lain. Jika diminum sendiri, maka dibolehkan untuk minum langsung dari mulut botol.

Sungguh Islam memperhatikan hal kecil, hal tersebut untuk melindungi kita umat Islam terhadap penyakit dan kebersihan diri. Subhanallah…!
Reporter : Ranov

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in TRENDS

  • Umbul Sigedang. Wisata Mata Air Kekinian Di Klaten

    hanivamagazine.com- Obyek wisata yang memiliki nama lain Umbul Kapilaler itu terbilang cukup ramai dikunjungi. Banyak wisatawan yang tak melewatkan kesempatan untuk...

    Hanivamagazine.comMay 10, 2018
  • 5 Alasan Mengapa Sebaiknya Anda Hindari Pria Narsis

    hanivamagazine.com- Sifat narsis memang adalah hak setiap orang, namun dalam hubungan percintaan, seseorang pria yang mempunyai sifat narsis punya lima sifat...

    Hanivamagazine.comMay 10, 2018
  • 7 Tipe Chat Yang Bikin Pria Sebal

    hanivamagazine.com- Berkomunikasi lewat ponsel melalui fitur chat memang menjadi rutinitas seseorang di zaman sekarang yah. Tak terkecuali para pasangan yang sedang...

    Hanivamagazine.comMay 8, 2018
  • Begini Sukses Menurut Para Millenial

    Hanivamagazine.com – Anak jaman now pasti memiliki pandangan berbeda tentang kesuksesan berkarir dengan pikiran orang tua kita. Anak millennial memilih karir...

    Hanivamagazine.comMay 8, 2018
  • Permen Karet Tertelan. Bahaya Kah?

    hanivamagazine.com- Menurut  Buzzfeed, Dr. Lisa Ganjhu, D.O, seorang asosiat profesor medis di NYU Langone Medical Center di New York City, mencoba mencari...

    Hanivamagazine.comMay 7, 2018