Connect
To Top

Tren Jomblo Fisabilillah Banyak Disalahartikan

Hanivamagazine.com – Sebuah gerakan muslim dengan memberikan nama Jomblo Fisabilillah saat ini sedang ramai dibicarakan. Istilah tersebut ramai di jejaring sosial. Tak hanya ramai dibicarakan bahkan grup dengan nama Jomblo Fisabilillah bermunculan. Begitu pun juga dengan hashtag atau caption yang mengatasnamakan Jomblo Fisabilillah banyak bermunculan.

Jomblo Fisabilillah merupakan istilah dengan arti orang yang taat kepada agama dan senantiasa menjauhi dari larangannya. Anggota dari grup ini menyebut dirinya akan jomblo hingga halal atau dengan kata lain pacaran setelah menikah. Mereka para jomblo fisabilillah itu adalah orang-orang yang belum pernah merasakan pacaran sama sekali.

Banyak Salah Kaprah

Meski banyak yang sudah paham akan arti Jomblo Fisabilillah sesungguhnya. Sayangnya banyak yang salah paham dan belum mengerti harfiah dari kata ini sebenar-benarnya. Kesalahpahaman ini membuat mereka yang mengaku jomblo fisabilillah hanya menggunakan istilah tersebut tanpa mengerti artinya. Kini meski mengaku jomblo fisabilillah, mereka kerap menuliskan status-status galau menunjukkan keinginan memiliki pacar atau hanya sekadar tulisan-tulisan menganggumi seseorang.

Seperti pada akun Jomblo Fisabilillah menulis status “Sudahlah, tidak usah patah hati karena menikahnya mereka, sampai-sampai dijadikan hari #patahhatiakhwatnasional segala. Jodoh sudah ada yang mengatur. Kalem saja nanti juga ada masanya kita menemukan pujaan hati kita.”

Ada juga yang menuliskan seperti puisi cinta penantian imam dalam keluarga. “Untukmu ikhwan yang kukagumi secara diam-diam disana.. bolehkah aku mengagumimu secara diam-diam dari kejauhan? Walaupun, aku hanyalah perempuan biasa yang bukan lahir dari keluarga islami sepertimu, yang bukan lahir dari keluarga yang membimbingku perihal agama seperti keluargamu. Jika dibandingkan.. dirimu tentu sangat jauh dibanding diriku pengagum mu banyak, tidak seperti diriku mungkin aku hanyalah perempuan nomor sekian yang ada di urutan pengagummu. aku iri pada perempuan pengagum mu yang jauh lebih sholihah dibanding diriku yang jauh lebih cantik dibanding diriku yang jauh lebih segalanya dari diriku,” begitu sedikit penggalan puisi.

“Aku mencintaimu karena kecintaanmu terhadap agamamu. Jika rasa cintamu hilang terhadap agamamu, maka hilang pula rasa cintaku padamu”.

Ada juga mereka menggunakan hastag di jejaring sosial. Mereka mengunggah foto diri juga caption menanti jodoh dengan galau tidak lupa hastag #jomblofisabilillah.

Di instagram pun ramai hastag tersebut. Hampir 40 ribu foto dihasilkan pada kolom pencarian. Salah satunya ada pengguna mengunggah foto bertuliskan “Jomblo gak butuh quote, jomblo butuhnya pasangan.”

“Dia lagi dia mulu dia terus Kapan photo sama calon imam nya ???? Hahahaha.. Ps: (kode minta di khitbah) *eehh,” tulis pengguna lainnya yang mengunggah foto bersama seorang teman dan menanti foto bareng calon suaminya.

Yang Galau Bukan Jomblo Tapi Menunggu Jodoh

Melihat fenomena ini, ustadz Sarmidi Husna saat ditemui di Gedung PBNU mengatakan membuat grup dengan istilah itu sebenarnya sah-sah saja jika masih dibatas wajar. Sebenarnya jomblo itu hal yang baik, kalau kelewat batas juga dosanya besar, Kalau mereka yang galau-galau itu bukan jomblo namanya tapi menunggu jodoh.

Dalam hal ini seharusnya mereka usaha mencari jodoh dan memperbaiki diri. “Usaha mencari jodoh penting. Namanya manusia itu kalau tidak menikah separuh agamanya belum sempurna. Mereka seharusnya tetap mencari yang wajar-wajar saja. selama waktu mencari jodoh usahakan melakukan perbuatan-perbuatan yang baik juga direstui oleh orang tua,” tambahnya.

Sebagai muslim dan muslimah juga kita harus pintar memahami sesuatu. Menuliskan status seperti itu adalah seseorang yang sedang menanti jodoh. Dapripada mengumbarnya dalam status atau sebuah unggahan foto lebih baik mereka berjalan dijalan Allah agar segera dipertemukan dengan jodohnya. Jika memang ingin menjadi seorang jomblo fisabilillah maka tetaplah melakukan perintah-perintah Allah. Jangan sampai orang lain memandang negatif. Tetaplah usaha dan memperbaiki diri.(utin)

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in TRENDS

  • 5‭ ‬Tips Rawat Layar Sentuh‭

    hanivamagazine.com.com‭ – ‬Layar ponsel smartphone terlhat kusam‭? ‬Nah,‭ ‬tentu itu kurang perawatan.‭ ‬Untuk menjaganya agar tetap kinclong,‭ ‬ini caranya. 1.Manfaatkan kantung...

    Hanivamagazine.comApril 20, 2018
  • 5 Zodiak Ini Sulit Dimengerti

    Hanivamagazine.com- Memahami seseorang memang butuh waktu dan pendekatan. Namun meski sudah melakukan hal tersebut, terkadang masih saja ada orang-orang yang sifatnya...

    Hanivamagazine.comApril 16, 2018
  • 5 Kacamata Retro Yang Wajib Kamu Punya

    Hanivamagazine.com – Kacamata bergaya retro merupakan style kacamata wajib bagi anak jaman now. Style kacamata retro bisa kamu aplikasikan dengan outer...

    Hanivamagazine.comApril 16, 2018
  • Yuk Berburu Puluhan Spot Selfie di Rainbow Garden Bandung

    Hanivamagazine.com – Ngomongin  obyek wisata di kota Bandung tak pernah ada habisnya. Selain udaranya yang sejuk, disetiap wilayah Bandung pun memiliki...

    Hanivamagazine.comApril 16, 2018
  • Lemot? Ini Cara Perkuat Sinyal Ponsel

    hanivamagazine.com – Wah, smartphone kita lemot? Ini ada cara gampang memperkuatnya. Coba saja lakukan ini : 1.Pindah posisi ke ruang terbuka....

    Hanivamagazine.comApril 16, 2018