Connect
To Top

Usai Asian Games 2018, Kini Para Atlet Indonesia Disabilitas Siap Sabet Emas di Asian Para Games 2018

hanivamagazine.com- Asian Games 2018 memang telah usai, namun semangat perjuangan para atlet tak hanya sampai situ. Kini, para Atlet disabilitaspun akan berjuang di Asian Para Games 2018. Dan Indonesia yang sebagai tuan rumah, kita juga turut mendukung dan menyemangati para atlet.

“Insya Allah sudah siap, termasuk untuk aksesibilitas bagi atlet-atlet difabel. Kami sudah mulai persiapan sejak setahun yang lalu,” kata Ketua Indonesia Indonesia Asian Para Games 2018 Organizing Committee (INAPGOC), Raja Sapta Oktohari, kepada BBC News Indonesia.

Dia menyatakan telah mengambil pelajaran dari penyelenggaraan Asian Games, mulai dari tempat tinggal atlet, transportasi dan administasi, termasuk pengelolaan tiket.

INAPGOC akan melanjutkan konsep area publik di kawasan Gelora Bung Karno, seperti yang dilakukan ketika Asian Games.

“Tapi dengan konsep Asian Para Games yang lebih humanis karena kami harus mempertimbangkan faktor aksesibilitas,” kata dia.

Anggaran penyelenggaraan Asian Para Games adalah Rp1,6 triliun, “meskipun mungkin enggak sampai segitu,” kata Raja Sapta.

Asian Para Games akan digelar pada 6-13 Oktober 2018 di Jakarta, tepatnya Gelora Bung Karno, Jakarta International Velodrome dan JIExpo. Dan Indonesia adalah tuan rumah ketiga Asian Para Games yang pertama kali diadakan di Guangzhou, Cina, pada tahun 2010.

Asian Para Games kedua berlangsung di Incheon, Korea Selatan pada 2014. Hingga saat ini 3.886 atlet dari 42 negara sudah terdaftar sebagai peserta. Dari jumlah itu, 300 di antaranya adalah atlet dari Indonesia.

Rangkaian kirab obor Asian Para Games dimulai pada hari Rabu, 5 September dengan pengambilan api dari sumber api abadi Mrapen di Grobogan, Jawa Tengah dan akan dibawa keliling ke delapan kota di Indonesia hingga tiba di Jakarta.

Sebanyak 18 cabang olahraga yang dipertandingkan dengan 568 nomor. Sebagai perbandingan, Asian Games 2018 mempertandingkan 40 cabang olahraga dengan 463 nomor. Banyaknya nomor per tiap cabang olahraga disebabkan karena para games punya nomor berbeda untuk mengklasifikasikan atlet sesuai latar belakang fisiknya.

Cabor yang akan dipertandingkan adalah panahan, atletik, badminton, boccia, bowling, catur, balap sepeda, goal ball, judo, bowling lapangan, angkat besi, shooting, renang, tenis meja, voli duduk, basket kursi roda, panahan kursi roda, dan tenis kursi roda. Dan Indonesia akan mengirimkan wakil untuk semua cabang olahraga.

Ayo! Dukung atlet para games Indonesia untuk harumkan nama bangsa!.

Reporter:Ranov

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in NEWS